Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial - Hallo sahabat Resep Masakan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial
link : Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

Baca juga


Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

Resep Opor Ayam Kuning Spesial - Opor ayam merupakan masakan berbahan dasar ayam yang dimasak bersama dengan santan kental dan aneka bumbu rempah. Masakan yang satu ini dipercaya berasal dari daerah adat Jawa yang kini dikenal sebagai menu masakan Nusantara.

Biasanya, opor ayam identik dengan perayaan Idul Fitri dimana opor disajikan bersama dengan ketupat. Rasanya sangat lezat dengan dominasi rasa gurih karena dibuat dengan santan. Siapapun pasti tidak akan menolak untuk menyantapnya.
Resep Opor Ayam Kuning Spesial, Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial
Opor Ayam Kuning / dapuraliffa.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Sayur Lodeh Spesial
Seperti pada resep kali ini, kita akan membuat opor ayam kuning spesial untuk lebaran. Cara membuat opor ayam kuning spesial sebetulnya cukup mudah. Untuk membuat dagingnya empuk dan lunak, opor harus dimasak lebih lama dengan api kecil. Yuk kita simak saja selengkapnya!

Resep Opor Ayam Kuning Spesial

Untuk membuat opor ayam, paling nikmat menggunakan daging ayam kampung karena tekstur dagingnya lebih padat dan lebih berserat. Namun, daging ayam jenis broiler maupun pejantan pun tidak kalah lezat. Cuma memang dagingnya yang memiliki tekstur lebih lembek.

Yuk simak, berikut ini adalah bahan-bahan yang akan kita perlukan untuk resep opor ayam kuning spesial kali ini. Bagi kalian yang baru pertama kali mencoba membuat opor ayam, kalian bisa simak cara membuat opor ayam kuning spesial melalui langkah-langkah yang disertakan di bagian bawah.
>> Resep dan Cara Membuat Sop Iga Sapi Bening Spesial

Bahan Resep Opor Ayam Kuning Spesial

  1. 500 gr daging ayam, potong sesuai selera
  2. 750 ml santan encer
  3. 250 ml santan kental
  4. 2 btg serai, memarkan
  5. 4 cm jahe, memarkan
  6. 4 cm lengkuas, memarkan
  7. 4 cm kayu manis
  8. 2 btr kapulaga
  9. 5 btr cengkeh
  10. 10 lbr daun jeruk
  11. 2 lbr daun salam
  12. 1 sdt lada bubuk
  13. 1 sdt kaldu bubuk
  14. garam secukupnya
  15. gula pasir secukupnya
  16. minyak untuk menumis
  17. 1 sdm bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 btr kemiri
  4. 5 cm kunyit

Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum bersama dengan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, kayu manis, cengkeh dan kapulaga.
  2. Masukkan daging ayam. Tumis beberapa saat hingga daging ayam layu dan berubah warna.
  3. Tuangkan santan encer bersama dengan garam, gula, kaldu bubuk dan lada bubuk.
  4. Masak opor hingga matang dan daging ayamnya empuk. Jika ingin daging ayamnya lunak, masaklah lebih lama dengan api kecil dengan panci ditutup rapat. Jika menggunakan panci preso, prosesnya bisa lebih cepat.
  5. Setelah opor matang, tuangkan santan kental. Cicipi juga rasanya, jika ada yang kurang maka bisa ditambahkan secukupnya. Masak lagi hingga mendidih. Angkat.
  6. Sajikan opor ayam kuning bersama dengan taburan bawang goreng.
>> Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Spesial
Ternyata, cara membuat opor ayam kuning spesial cukup mudah bukan? Untuk mendapatkan opor yang empuk dan lunak, kuncinya cuma pada waktu pemasakan. Opor yang dimasak lebih lama, dagingnya juga lebih lunak dan kaldunya juga keluar.

Resep opor ayam kuning spesial ini juga bisa kalian variasikan. Jika suka, kalian bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti tahu, telur atau kentang. Selamat mencoba ya! Salam Jajan Pinggiran!


Demikianlah Artikel Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

Sekianlah artikel Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial dengan alamat link https://resepmasakan765.blogspot.com/2016/06/resep-dan-cara-membuat-opor-ayam-kuning.html

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial"

Posting Komentar